Aktivitas 2. Pengertian Keberagaman Peserta Didik

Aktivitas 2. Pengertian Keberagaman Peserta Didik

Peserta didik di sekolah secara naluriah adalah kumpulan individu yang beragam. Mereka beragama dalam berbagai aspek mulai dari aspek fisik, aspek sosial-ekonomi, aspek latar belakang budaya dan lain sebagainya. Sebagai seorang guru yang hendak melakukan pengajaran di sekolah inklusif maka perlu untuk memahami makna dari keberagaman peserta didik. 

Setelah kita memiliki pemahaman akan makna keberagaman peserta didik, maka langkah selanjutnya adalah mengetahui indikator kualitas hidup mereka untuk dapat kita kembangkan semaksimal mungkin.

Untuk lebih memahami tentang Keberagam Peserta Didik, silakan  unduh dan pelajari materi berikut:

Aktivitas 1. Pendahuluan – Keberagaman Peserta Didik

Aktivitas 1. Pendahuluan – Keberagaman Peserta Didik

Setiap hari tentu Anda bertemu dengan banyak peserta didik. Tetapi tahukah Anda bahwa peserta didik yang setiap hari kita temui sangat beragam dalam beberapa aspek. Apakah yang dimaksud dengan keberagaman peserta didik? Bagaimana karakteristik peserta didik berkebutuhan khusus, dan apa saja kebutuhan pembelajaran bagi peserta didik berkebutuhan khusus? Mari bersama-sama menjawab seluruh pertanyaan tersebut dengan mempelajari materi Keberagaman Peserta Didik. Sebelum mempelajari materi Keberagaman Peserta Didik, mari kita saksikan video berikut ini:

Setelah anda menyaksikan video mengenai peserta didik yang beragam di kelas. Tentu terbersit di pikiran Anda bahwa selama ini peserta didik adalah kumpulan individu yang heterogen. Pastinya, karakteristik dan kebutuhan pembelajaran mereka  berbeda satu sama lain. Bahkan ada peserta didik yang memiliki karakteristik dan kebutuhan pembelajaran yang secara signifikan berbeda dengan peserta didik pada umumnya. Untuk memahami hal tersebut, materi Keberagaman Peserta Didik dapat dipelajari dengan seksama. 

Kegiatan pada topik Keberagaman  Peserta Didik terbagi atas beberapa materi meliputi: Konsep Keberagaman Peserta Didik, Karaktersitik Peserta Didik Berkebutuhan Khusus, dan Kebutuhan Pembelajaran Peserta Didik Berkebutuhan Khusus. Anda diminta melakukan serangkaian kegiatan yang akan membantu Anda dalam memahami seluruh materi tersebut. Kegiatan pada topik ini penting  karena akan menjadi dasar bagi Anda dalam memahami konsep dan implementasi pendidikan inklusif.

Untuk lebih memahami materi yang akan Anda pelajari pada topik ini, Anda diharapkan dapat mempelajari setiap tahapan dengan seksama. Sehingga, dalam kegiatan tersebut terjadi transfer pengetahuan yang akan memperkaya pemahaman Anda terkait dengan konsep keberagaman peserta didik, karakteristik peserta didik berkebutuhan khusus, dan kebutuhan pembelajaran peserta didik berkebutuhan khusus

Alur kegiatan setiap topik digambarkan melalui diagram berikut:


Tahap 1 – Bimtek (Angkatan 1) Pengantar Tahap Bimtek – Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif

Pengantar Tahap Bimtek – Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif

Selamat datang di Program Belajar Seri Pendidikan Inklusif
Melalui tahap Bimtek ini Anda akan diajak untuk mencapai tujuan berikut:

  1. Mendapat pemahaman tentang latar belakang, tujuan umum, penyesuaian kebijakan, pengantar program, dan struktur program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif
  2. Mendapat pemahaman tentang Konsep Keberagaman Peserta Didik, Jenis Hambatan Peserta Didik Berkebutuhan Khusus dan Kebutuhan Pembelajaran Peserta Didik Berkebutuhan Khusus
  3. Mendapat pemahaman tentang hakikat pendidikan inklusif, Sekolah Ramah Anak (SRA), dan Mekanisme Layanan Peserta Didik Berkebutuhan Khusus
  4. Mendapat pemahaman tentang identifikasi, asesmen, dan program pembelajaran individual (PPI)

Untuk mencapainya silakan mengikuti petunjuk berikut:

  1. Pelajari kata-perkata setiap instruksi yang ada
  2. Di akhir bimtek, terdapat tes yang akan menguji pemahaman Anda, pada tes akhir ini Anda perlu mendapat nilai >=70 untuk tuntas Bimtek.
  3. Pelajari setiap materi dan kerjakan tugas yang ada untuk membantu Anda mendapat pemahaman utuh.
  4. Untuk pengelolaan waktu belajar disediakan pengelompokkan aktivitas, contoh: pada hari ketiga Anda akan dapat mengakses pembelajaran hari ketiga, dan Anda juga dapat kembali mengakses pembelajaran hari pertama dan pembelajaran hari kedua.
  5. Pada tahap Bimtek, Anda akan mendapat sertifikat senilai 32 JP setelah mengisi kuesioner.
  6. Pada tahap Pelatihan, Anda akan mendapat sertifikat senilai 32 JP dan piagam penghargaan, setelah mengunggah bukti pengimbasan.
  7. Tidak diperbolehkan menyebarluaskan butir soal maupun jawaban untuk aktivitas di program ini agar tujuan yang sudah disebutkan di atas dapat tercapai

Selamat belajar, dan silakan menuju ke Persiapan Bimtek

Program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif

Program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif

Program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif adalah salah satu upaya meningkatkan kompetensi guru dalam memahami keberagaman peserta didik serta meningkatkan kemampuan guru dalam mengadaptasi kurikulum sehingga lebih sesuai dengan kebutuhan peserta didi

Apa itu program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif?

Program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif dirancang untuk menjawab tantangan guru di sekolah reguler/sekolah penyelenggara pendidikan inklusif agar mampu melayani keberagaman peserta didik di kelasnya.

Apa tujuan program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif?

  • Meningkatkan pengetahuan guru tentang konsep keberagaman peserta didik, konsep dasar pendidikan inklusif dan sistem layanan pembelajaran bagi peserta didik berkebutuhan khusus.
  • Meningkatkan dan memberikan pengalaman langsung kepada guru untuk melakukan identifikasi, menyusun asesmen dan planning matrix, serta membuat program pembelajaran individual (PPI).
  • Memberikan pengalaman kepada guru dalam mengikuti kegiatan bimtek dan pelatihan secara daring.

Apa serunya belajar bersama di program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif?

Berkesinambungan

Kesinambungan antara tahapan pemahaman konsep melalui pendekatan modular (Bimtek) dengan tahapan penguasaan yang menekankan pada keterampilan (Pelatihan).

Lebih Konsisten

Mendorong peserta melakukan pembelajaran mandiri secara konsisten dan terukur serta memenuhi kaidah akademik (setiap tahapan pembelajaran di setting perhari dengan ekuivalensi 4 JP/hari).

Lebih Kolaboratif

Peserta dapat belajar dengan rekan guru lainnya, mendorong guru menyelesaikan semua tahapan secara kolaboratif dan gotong royong.

Apa saja tahapan program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif?

Tahap 0
Orientasi

Pada tahap ini peserta dibekali pemahaman tentang latar belakang, tujuan umum, penyesuaian kebijakan, pengantar program, dan struktur program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif.

Tahap 1
Bimtek

Pada tahap ini peserta akan mempelajari tentang konsep keberagaman peserta didik, konsep dasar pendidikan inklusif dan sistem layanan pembelajaran. Pada tahap ini peserta melakukan pembelajaran mandiri secara konsisten dan terukur setiap harinya dengan ekuivalensi 4 JP/hari. Peserta tuntas Bimtek akan mendapatkan sertifikat Bimtek 32 JP.

Tahap 2
Pelatihan

Pada tahap ini peserta akan diberikan latihan untuk melaksanakan identifikasi, melakukan asesmen dan menyusun planning matrix, serta membuat program pembelajaran individual (PPI). Pada tahap ini peserta akan mendapatkan sertifikat Pelatihan 32 JP setelah mengakses microlearning dan melakukan pengimbasan dengan mengunggah URL video pengimbasan ber-platform youtube di SIM Ayo Guru Belajar.

Tahap 3
Microlearning

Pada tahap ini peserta akan mendapatkan materi pelengkap/penunjang berupa microlearning yang akan menambah pengetahuan, pemahaman, serta pengalaman guru dalam menangani Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK). Peserta yang dapat mengakses microlearning ini adalah peserta yang telah menuntaskan Pelatihan.

Tahap 4
Pengimbasan

Pada tahap ini peserta yang telah mengikuti kegiatan bimtek, pelatihan, dan telah mengakses microlearning diharapkan menjadi bagian perubahan pendidikan dengan cara mempresentasikan program, mengajak dan mendampingi guru lain untuk mengikuti Program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif pada satuan pendidikan tempat peserta mengajar, kelompok kerja guru seperti KKG/MGMP atau organisasi profesi guru. Berikut adalah langkah pengimbasan :

  • Dokumentasikan pengimbasan dalam bentuk video.
  • Unggah link video pengimbasan ke kanal video berbagi (youtube).
  • Salin URL video pengimbasan ber-platform youtube tersebut.
  • Unggah URL video pengimbasan tersebut ke SIM Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif.
Pada tahap ini peserta akan mendapatkan Piagam Penghargaan bagi satuan pendidikan yang akan mencantumkan nama-nama peserta tuntas Bimtek dan Pelatihan.

Apa yang didapatkan peserta program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif?


  • Meningkatnya pengetahuan guru terhadap konsep keberagaman peserta didik, konsep dasar pendidikan inklusif dan sistem layanan pembelajaran bagi peserta didik berkebutuhan khusus.
  • Meningkatnya pengalaman guru dalam melakukan identifikasi, menyusun asesmen dan planning matrix, serta membuat program pembelajaran individual (PPI).
  • Memberikan pengalaman kepada guru dalam mengikuti kegiatan bimtek dan pelatihan secara daring.
  • Terdukungnya implementasi kebijakan merdeka belajar yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Siapa yang bisa menjadi peserta program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif?


  • Semua guru PAUD, TK/TKLB, SD/SDLB, SMP/SMPLB, SMA/SMALB/SMK.
  • Kepala Sekolah.
  • Pengawas Sekolah.
  • Tenaga Administrasi Sekolah.
  • Telah memiliki Akun SIMPKB.
  • Tidak terdaftar sebagai peserta Bimtek Daring Pemenuhan GPK.
Lebih jelas buka halaman berikut: https://ayogurubelajar.kemdikbud.go.id/seri-inklusif/

AGAMA MENURUT KH. AHMAD DAHLAN

APA ITU AGAMA 

" Kyai, apa itu agama ? " Sangidu bertanya

Kyai Dahlan diam sambil tersenyum dan mengambil Biola kesayangannya, selang tak berapa lama kemudian Sang Pencerah itu memainkan Tembang Asmaradhana yang syahdu, tentram dan mendamaikan jiwa lewat gesekan Biolanya tersebut.
Setelah usai, Kyai Dahlan bertanya kepada santri santrinya yang masih muda tersebut " Piye .. ? apa yang kamu rasakan ? " 
" Keindahan, Ketenangan,  Harmonis, Kelembutan seakan akan semua masalah selesai Kyai " Jawab Santrinya 
" Itulah Agama, Agama adalah ketentraman, kecerahan, kedamaian,  hakikat Agama itu seperti musik yang mengayomi menyelimuti dan memberikan inspirasi yang tercermin dari penganutnya " Terang Kyai Dahlan masih tersenyum penuh pengayoman 
" Nah sekarang coba kamu mainkan Hisman " Kata beliau sambil memberikan Biolanya kepada Hisman 
" Waduh,  Kyai ... " Hisman pucat 
"  ... mainkan saja sebisamu " Kyai Dahlan tertawa kecil 
Hisman memainkan Biolanya sebisanya sambil dilihat oleh Santri lainnya, karena Hisman memang baru pertama memegang Biola, maka sudah dapat dikira permainannya  jauh dari keindahan dan menghasilkan suara menderit memekakkan telinga 
" Waduh Uelek tenan Kyai ... " Muka Hisman memerah 
Kyai Dahlan tertawa penuh kasih " Nah ... begitu juga Agama Man, Agama yang Indah, damai, tentram dan Harmoni tersebut bisa rusak kalau orang yang menganutnya tidak belajar agama dengan baik, hanya bisa membuat dirinya dan lingkungannya menjadi terganggu. 
Beragama itu tidak boleh ikut ikutan, harus dipelajari dari dasarnya dengan baik, dan tidak boleh beragama sesuai keinginan atau nafsu kita saja, sesuai persepsi diri kita tok.
Seperti Biola ini ada not, grip, kunci dan lain lain, sehingga suara yang dikeluarkannya menjadi harmonis dan enak di dengar,  dan orang orang pun senang mendengarnya dan tertarik untuk mempelajarinya. 
Jadi, yang salah bukan agamanya, tapi  dari pemeluknya yang tidak mempelajari agama dengan baik sehingga membuat resah lingkungan dan menjadi bahan tertawaan, pun ngertos toh le .. " Kyai Dahlan menutup penjelasannya.
Selamat menjalankan ibadah di Ramadhan

MENANG MELAWAN COVID KETIKA PERIZINAN DI BEBASKAN DARI PENGARUH GLOBALIS DAN BROKER VAKSIN ASING

Akhirnya kisruh para broker yang memainkan kendali atas vaksin teratasi dengan masuknya Tentara kedalam arena. TNI di bawah jendral andika dengan gagah berani membungkam BPOM dan membuat depkes manut.

Imunotherapi dendritic di lanjutkan penyempurnaannya dan semoga bisa di lanjutkan ketingkat komersial dan di jadikan acuan alternatif senjata PERANG lain melawan covid.

Gitu dong TNI, ini baru namanya bernegara. Aktif ambil bagian karena ini wilayah perang, wilayah anda wahai abdi negara TNI.

Jangan pikirkan lagi izin ini itu, ini keadaan darurat, selama resikonya mendekati NOL imunoterapi dendritic segera di pakai ke masyarakat.

Terima kasih BPOM dan depkes yang akhirnya manut dengan langkah TNI dan terima kasih TNI yang dengan tegas bersikap karena ini wilayah perang, perang biologi. Kita harus memenangkan perang ini dan kami rakyat tidak keberatan TNI yang di depan.

Jangan broker vaksin yang di depan, mengacaukan kebijakan bernegara. 

Vaksin Nusantara sekarang sudah berjalan aman.

Berjalan aman setelah Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika, menertibkan Menteri Kesehatan dan BPOM melalui Memorandum of Understanding di Markas Besar Tentara Nasional Indonesia, Cilangkap, Jakarta

 “KSAD menertibkan Menteri Kesehatan dan Kepala BPOM, melalui tripartid. Isinya menyetop istilah uji klinis Vaksin Nusantara. Riset dendritic cell dilanjutkan. Penelitian non-profit. Belum untuk vaksinasi massal. Izin tidak dibutuhkan. Mission accomplished”.

Disisi masyarakat, kita juga  harus mencermati esensi pernyataan Prof Chaerul Anwar Nidom, Guru Besar Biokimia dan Biologi Molekuler Universitas Airlangga yang juga  Ketua Tim Riset Corona dan Formulasi Vaksin dari Profesor Nidom Foundation (PNF) mengatakan : 

 “ Vaksin Nusantara, mampu mengantisipasi mutasi Covid-19 , dimana Kalau menggunakan vaksin konvensional maka harus menunggu lebih dari 1 tahun. Keburu virusnya mutasi lagi. Ini yang menyebabkan vaksin konvensional gagal menghadapi Covid-19," 

Jadi,  Vaksin Nusantara bukan conventional vaccine. Lebih tepat disebut ‘immunotherapy.

Vaksin Nusantara Dendritic cara kerjanya adalah darah pasien dikeluarkan. Dipecah. Dendritic cell-nya diambil. Antigen virus dimasukan. Sel dendritic & virus berinteraksi. Setelah matang, serum disuntikan ke dalam tubuh.

Setelah ini, semoga para broker vaksin asing bisa di stop tindak tanduknya, kemudian bisa mempercepat proses efikasi dan aspek safety imunetherapy Vaksin Nusantara. 

Dana vaksin asing yang nilainya triliuan rupiah menggunakan UANG NEGARA, yang kebanyakan di pegang broker dan oligar semoga tak berkutik lagi. Mereka itu sampai berani mempengaruhi para pejabat, semua ini atas nama cuan, bukan humanitarian, bukan nasionalisme

Harus segera di stop!!!  salah satunya dengan adanya imunotherapy vaksin nusantara, ini akan merubah permainan globalis tersebut secara telak.

Militer indonesia masuk ini patut di dukung karena sebuah langkah terangterangan melawan globalis. Jadi bagaimana kalau kita rincikan, siapa andika sang KASAD ini ? Mengapa jendral Andika bisa  menekan BPOM dan kementrian kesehatan?

Agaknya kita mundur sebentar mempertanyakan tanda jasa Medali The Legion of Merit, degree of Commander, dari Pemerintah Amerika Serikat tahun 2020 kemarin.

Itulah  medali tertinggi yang pernah di berikan kepada seorang petinggi militer negara lain dimana bagi pengamat intelijen pertahanan ini sesungguhnya kode keras. 

Pentagon adalah nasionalis, pentagon di bawah chief joint staff panglima gabungan A. Milley memang nasionalis tulen yang mengadakan perjanjian extra ketat kepada Biden tepat sebelum hari pelantikan yang isinya kita sudah buka di informasi jauh sebelum ini.

Anggaran militer amerika 4 tahun kedepan 3 tiliun dolar dan tetap berperang melawan tiongkok. Semuanya di setujui Biden.

Jadi Medali The Legion of Merit, degree of Commander adalah kode keras perlawan terhadap globalis, dan kalau militer dalam hal ini andika bertindak, inilah tindakan nasionalis melawan globalis. 

Kembali ke Imunotherapy Vaksin nusantara, ini adalah  Kabar baik buat humanitarian kemanusiaan. Dunia segera melihat secercah harapan baru di mulai dari indonesia tanpa cawe cawe regulator miring ke globalis dan broker vaccine. Good-luck...!” 
By. Mardigu W.

YANG HILANG DARI NEGERIKU


Foto di atas ini, adalah pemandangan yg lazim disaksikan tempo dulu. Kala anak-anak murid mau memasuki sekolah tempat menimba ilmu.
Mereka melewati pintu depan yg sudah ditunggu oleh tuan guru. Semua berjalan menunduk sebagai bentuk hormat dan "ngajeni" kepada yang lebih tua.
Berjalan membungkuk bukan hanya sekedar tata cara penghormatan. Tapi juga sebuah simbol mau merendahkan diri kepada manusia lain yang dinilai lebih berat "isinya". Bisa ilmunya, bisa usianya, atau bisa karena maqom (kedudukan) nya.
Namun sekarang itu nampaknya sudah mulai hilang dan mungkin hanya tinggal cerita yg bisa dikenang.
Sekarang, pendekatan guru sebagai teman terkadang malah kebablasan. Tak ada lagi sikap sungkan. Tak ada lagi ewuh pekewuh kepada sang guru. Karena dianggap teman dan sekedar fasilitator pendidikan.
Ditempeleng, lapor komnas HAM. Kalau murid gagal, guru disalahkan.
Saya masih ingat, bagaimana dulu, saya dan kawan-kawan sebaya berlomba menjemput guru kami saat memasuki pagar. Ada yg berebut membawakan sepedanya dan membawakan tasnya. Yang tak kebagian. Tetap bisa berebut untuk urusan salim mencium tangan.
Diperintah guru mengambil kapur adalah sebuah kebanggaan prestisius. Mengunjunginya saat sakit adalah aturan tak tertulis yg membuat para murid bergegas dan berinisiatif patungan lalu membuat rencana untuk mewujudkan.
Gambar ini berbicara lebih dari sekedar tata krama. Tapi juga sebuah kesiapan menerima. Dan ikrar tanpa kata.
"Bahwa kami ingin diajari menjadi manusia".
Semoga kita kembali menjadi bangsa yang tahu tata krama pada yang tua, dan mengerti bahwa menjaga adab dan sopan santun bukanlah bagian dari keprimitifan.

IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA

Perpanjangan Masa Pendaftaran IKM Sampai Dengan 30 April 2022. Oleh :  admin - 18 April 2022 09:57 Pendaftaran Implementasi Kurikulum Merdek...