SUBSIDI ONH
Aktivitas 2. Pengertian Keberagaman Peserta Didik
Aktivitas 2. Pengertian Keberagaman Peserta Didik
Peserta didik di sekolah secara naluriah adalah kumpulan individu yang beragam. Mereka beragama dalam berbagai aspek mulai dari aspek fisik, aspek sosial-ekonomi, aspek latar belakang budaya dan lain sebagainya. Sebagai seorang guru yang hendak melakukan pengajaran di sekolah inklusif maka perlu untuk memahami makna dari keberagaman peserta didik.
Setelah kita memiliki pemahaman akan makna keberagaman peserta didik, maka langkah selanjutnya adalah mengetahui indikator kualitas hidup mereka untuk dapat kita kembangkan semaksimal mungkin.
Untuk lebih memahami tentang Keberagam Peserta Didik, silakan unduh dan pelajari materi berikut:
Aktivitas 1. Pendahuluan – Keberagaman Peserta Didik
Aktivitas 1. Pendahuluan – Keberagaman Peserta Didik
Setiap hari tentu Anda bertemu dengan banyak peserta didik. Tetapi tahukah Anda bahwa peserta didik yang setiap hari kita temui sangat beragam dalam beberapa aspek. Apakah yang dimaksud dengan keberagaman peserta didik? Bagaimana karakteristik peserta didik berkebutuhan khusus, dan apa saja kebutuhan pembelajaran bagi peserta didik berkebutuhan khusus? Mari bersama-sama menjawab seluruh pertanyaan tersebut dengan mempelajari materi Keberagaman Peserta Didik. Sebelum mempelajari materi Keberagaman Peserta Didik, mari kita saksikan video berikut ini:
Setelah anda menyaksikan video mengenai peserta didik yang beragam di kelas. Tentu terbersit di pikiran Anda bahwa selama ini peserta didik adalah kumpulan individu yang heterogen. Pastinya, karakteristik dan kebutuhan pembelajaran mereka berbeda satu sama lain. Bahkan ada peserta didik yang memiliki karakteristik dan kebutuhan pembelajaran yang secara signifikan berbeda dengan peserta didik pada umumnya. Untuk memahami hal tersebut, materi Keberagaman Peserta Didik dapat dipelajari dengan seksama.
Kegiatan pada topik Keberagaman Peserta Didik terbagi atas beberapa materi meliputi: Konsep Keberagaman Peserta Didik, Karaktersitik Peserta Didik Berkebutuhan Khusus, dan Kebutuhan Pembelajaran Peserta Didik Berkebutuhan Khusus. Anda diminta melakukan serangkaian kegiatan yang akan membantu Anda dalam memahami seluruh materi tersebut. Kegiatan pada topik ini penting karena akan menjadi dasar bagi Anda dalam memahami konsep dan implementasi pendidikan inklusif.
Untuk lebih memahami materi yang akan Anda pelajari pada topik ini, Anda diharapkan dapat mempelajari setiap tahapan dengan seksama. Sehingga, dalam kegiatan tersebut terjadi transfer pengetahuan yang akan memperkaya pemahaman Anda terkait dengan konsep keberagaman peserta didik, karakteristik peserta didik berkebutuhan khusus, dan kebutuhan pembelajaran peserta didik berkebutuhan khusus
Alur kegiatan setiap topik digambarkan melalui diagram berikut:
Tahap 1 – Bimtek (Angkatan 1) Pengantar Tahap Bimtek – Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif
Selamat datang di Program Belajar Seri Pendidikan Inklusif
Melalui tahap Bimtek ini Anda akan diajak untuk mencapai tujuan berikut:
- Mendapat pemahaman tentang latar belakang, tujuan umum, penyesuaian kebijakan, pengantar program, dan struktur program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif
- Mendapat pemahaman tentang Konsep Keberagaman Peserta Didik, Jenis Hambatan Peserta Didik Berkebutuhan Khusus dan Kebutuhan Pembelajaran Peserta Didik Berkebutuhan Khusus
- Mendapat pemahaman tentang hakikat pendidikan inklusif, Sekolah Ramah Anak (SRA), dan Mekanisme Layanan Peserta Didik Berkebutuhan Khusus
- Mendapat pemahaman tentang identifikasi, asesmen, dan program pembelajaran individual (PPI)
Untuk mencapainya silakan mengikuti petunjuk berikut:
- Pelajari kata-perkata setiap instruksi yang ada
- Di akhir bimtek, terdapat tes yang akan menguji pemahaman Anda, pada tes akhir ini Anda perlu mendapat nilai >=70 untuk tuntas Bimtek.
- Pelajari setiap materi dan kerjakan tugas yang ada untuk membantu Anda mendapat pemahaman utuh.
- Untuk pengelolaan waktu belajar disediakan pengelompokkan aktivitas, contoh: pada hari ketiga Anda akan dapat mengakses pembelajaran hari ketiga, dan Anda juga dapat kembali mengakses pembelajaran hari pertama dan pembelajaran hari kedua.
- Pada tahap Bimtek, Anda akan mendapat sertifikat senilai 32 JP setelah mengisi kuesioner.
- Pada tahap Pelatihan, Anda akan mendapat sertifikat senilai 32 JP dan piagam penghargaan, setelah mengunggah bukti pengimbasan.
- Tidak diperbolehkan menyebarluaskan butir soal maupun jawaban untuk aktivitas di program ini agar tujuan yang sudah disebutkan di atas dapat tercapai
Selamat belajar, dan silakan menuju ke Persiapan Bimtek
Program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif
Program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif
Program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif adalah salah satu upaya meningkatkan kompetensi guru dalam memahami keberagaman peserta didik serta meningkatkan kemampuan guru dalam mengadaptasi kurikulum sehingga lebih sesuai dengan kebutuhan peserta didi
Apa itu program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif?
Program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif dirancang untuk menjawab tantangan guru di sekolah reguler/sekolah penyelenggara pendidikan inklusif agar mampu melayani keberagaman peserta didik di kelasnya.
Apa tujuan program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif?
- Meningkatkan pengetahuan guru tentang konsep keberagaman peserta didik, konsep dasar pendidikan inklusif dan sistem layanan pembelajaran bagi peserta didik berkebutuhan khusus.
- Meningkatkan dan memberikan pengalaman langsung kepada guru untuk melakukan identifikasi, menyusun asesmen dan planning matrix, serta membuat program pembelajaran individual (PPI).
- Memberikan pengalaman kepada guru dalam mengikuti kegiatan bimtek dan pelatihan secara daring.
Apa serunya belajar bersama di program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif?
Berkesinambungan
Kesinambungan antara tahapan pemahaman konsep melalui pendekatan modular (Bimtek) dengan tahapan penguasaan yang menekankan pada keterampilan (Pelatihan).
Lebih Konsisten
Mendorong peserta melakukan pembelajaran mandiri secara konsisten dan terukur serta memenuhi kaidah akademik (setiap tahapan pembelajaran di setting perhari dengan ekuivalensi 4 JP/hari).
Lebih Kolaboratif
Peserta dapat belajar dengan rekan guru lainnya, mendorong guru menyelesaikan semua tahapan secara kolaboratif dan gotong royong.
Apa saja tahapan program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif?
Tahap 0
Orientasi
Pada tahap ini peserta dibekali pemahaman tentang latar belakang, tujuan umum, penyesuaian kebijakan, pengantar program, dan struktur program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif.
Tahap 1
Bimtek
Pada tahap ini peserta akan mempelajari tentang konsep keberagaman peserta didik, konsep dasar pendidikan inklusif dan sistem layanan pembelajaran. Pada tahap ini peserta melakukan pembelajaran mandiri secara konsisten dan terukur setiap harinya dengan ekuivalensi 4 JP/hari. Peserta tuntas Bimtek akan mendapatkan sertifikat Bimtek 32 JP.
Tahap 2
Pelatihan
Pada tahap ini peserta akan diberikan latihan untuk melaksanakan identifikasi, melakukan asesmen dan menyusun planning matrix, serta membuat program pembelajaran individual (PPI). Pada tahap ini peserta akan mendapatkan sertifikat Pelatihan 32 JP setelah mengakses microlearning dan melakukan pengimbasan dengan mengunggah URL video pengimbasan ber-platform youtube di SIM Ayo Guru Belajar.
Tahap 3
Microlearning
Pada tahap ini peserta akan mendapatkan materi pelengkap/penunjang berupa microlearning yang akan menambah pengetahuan, pemahaman, serta pengalaman guru dalam menangani Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK). Peserta yang dapat mengakses microlearning ini adalah peserta yang telah menuntaskan Pelatihan.
Tahap 4
Pengimbasan
Pada tahap ini peserta yang telah mengikuti kegiatan bimtek, pelatihan, dan telah mengakses microlearning diharapkan menjadi bagian perubahan pendidikan dengan cara mempresentasikan program, mengajak dan mendampingi guru lain untuk mengikuti Program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif pada satuan pendidikan tempat peserta mengajar, kelompok kerja guru seperti KKG/MGMP atau organisasi profesi guru. Berikut adalah langkah pengimbasan :
- Dokumentasikan pengimbasan dalam bentuk video.
- Unggah link video pengimbasan ke kanal video berbagi (youtube).
- Salin URL video pengimbasan ber-platform youtube tersebut.
- Unggah URL video pengimbasan tersebut ke SIM Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif.
Apa yang didapatkan peserta program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif?
- Meningkatnya pengetahuan guru terhadap konsep keberagaman peserta didik, konsep dasar pendidikan inklusif dan sistem layanan pembelajaran bagi peserta didik berkebutuhan khusus.
- Meningkatnya pengalaman guru dalam melakukan identifikasi, menyusun asesmen dan planning matrix, serta membuat program pembelajaran individual (PPI).
- Memberikan pengalaman kepada guru dalam mengikuti kegiatan bimtek dan pelatihan secara daring.
- Terdukungnya implementasi kebijakan merdeka belajar yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Siapa yang bisa menjadi peserta program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif?
- Semua guru PAUD, TK/TKLB, SD/SDLB, SMP/SMPLB, SMA/SMALB/SMK.
- Kepala Sekolah.
- Pengawas Sekolah.
- Tenaga Administrasi Sekolah.
- Telah memiliki Akun SIMPKB.
- Tidak terdaftar sebagai peserta Bimtek Daring Pemenuhan GPK.
AGAMA MENURUT KH. AHMAD DAHLAN
MENANG MELAWAN COVID KETIKA PERIZINAN DI BEBASKAN DARI PENGARUH GLOBALIS DAN BROKER VAKSIN ASING
IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA
Perpanjangan Masa Pendaftaran IKM Sampai Dengan 30 April 2022. Oleh : admin - 18 April 2022 09:57 Pendaftaran Implementasi Kurikulum Merdek...
-
Akhirnya kisruh para broker yang memainkan kendali atas vaksin teratasi dengan masuknya Tentara kedalam arena. TNI di bawah jend...
-
Aktivitas 2. Pengertian Keberagaman Peserta Didik Tahap 1 – Bimtek (Angkatan 1) Pembelajaran Hari Pertama Aktivitas 2. Pengertian Kebe...
-
Program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif Program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif adalah salah...